Pengalaman Pengabdian Masyarakat Bersama Yayasan Pendidikan Telkom ( YPT ) di Pasar Baleendah Bandung

 

Image result for yayasan pendidikan telkom

Yayasan Pendidikan Telkom ( YPT ) Bandung mengadakan pengabdian masyarakat di kecamatan Baleendah tepatnya acara ini dikhususkan untuk para anggota ataupun pemilik pertokoan di pasar Baleendah tersebut. Pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh pihak YPT ini bekerja sama dengan beberapa pihak seperti mahasiwa Telkom university yang ikut terlibat dalam membantu melaksanakan acara tersebut dan pihak pengurus ataupun anggota kecamatan Baleendah yang sama-sama ikut membantu mensukseskan acara pengabdian masyarakat ini .

Pengabdian masyarakat yang diadakan oleh Yayasan Pendidikan Telkom ini bertujuan untuk membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada khususnya di pasar Baleendah tersebut. Mulai dari permasalah pada sampah , pengaturan keuangan penjualan, dan bagaimana bisa mengatur bisnis yang dimiliki. kegiatan ini pun bertujuan untuk memberikan pembelajaran yang inovatif kepada peserta . Dengan terjun langsung ke masyarakat maka yang  nantinya peserta akan dapat mengaplikasikan ilmu dari kegiatan ini untuk kemajuan atau perubahan pada pasar Baleendah tersebut.

Acara pengabdian Masyarakat ini diisi oleh bebrapa kegiatan dan kegiatan tersebut dibagi menjadi dua kloter yaitu untuk kloter pertama khusus bagi para pengunjung pasar atau pembeli dan untuk kloter kedua dikhususkan untuk para pedagang di pasar Baleendah tersebut.  Acara ini dimulai dengan penyampaian materi mengenai bagaimana cara mengelola bisnis dengan baik dan dilanjut dengan acara kedua yaitu penyampaian materi pengelolaan keuangan dan yang terakhir ditutup dengan acara penyuluhan sampah dari Bank Sampah Bandung,pada kegiatan ini pun diadakan open discution baik itu yang ingin memberikan saran ataupun menanyakan sebuah solusi atas permasalahan.

Pasar Baleendah sendiri dipilih sebagai sasaran dari adanya kegiatan ini karena pasar tersebut merupakan pasar tradisional yang benar-benar jauh dari kata bersih ataupun nyaman, pasar tersebut terlihat kumuh dan tidak beraturan. Maka dari itu untuk dapat menjadikan pasasr baleendah ini menjadi lebih baik kedepannya kami sama-sama membantu dengan mengadakannya kegiatan pengabdian masyarakat ini yang berharap nantinya akan menghasilkan sebuah perkembangan yang baik .

Image result for pasar baleendah bandung

dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat  ini bisa menjadikan wadah saling berbagi ilmu antar anggota pasar, masyarakat, pengelola pasar, para pedagang, karena kegiatan ini kita bisa berbagi ilmu dengan banyak pihak – Pihak seperti dari Bank Sampah Bandung dengan  mendapat ilmu mempelajari bagaimana menabung dengan sampah bukan dengan uang yang nantinya tabungan sampah tersebut akan menghasilkan sebuah uang dan kita bisa belajar bagaimana cara mengelola uang masuk ataupun uang keluar, cara mennjaga kebersihan, cara bagaimana mengelola suatau bisnis dengan tepat agar tujuan utamanya tercapai.

Kami dari pihak terkait dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang diadakan oleh Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) Bandung sanga  berharap dengan adanya kegiatan ini akan semakin mempererat tali silaturahim antar anggota ataupun pengelola pasar dan masyarakat kecamatan Baleendah serta menjadikan kegiatan ini sebagai tempat pembelajaraan yang bermanfaat yang nantinya bisa diterapkan di untuk menciptakan sebuah perkembangan yang baik khususnya bagi pasar Baleendah tersebut.

Manfaat dari Kegiatan ini  selain bisa bersosialisasi dengan masyarakat kecamatan Baleendah, kita juga bisa dapat banyak ilmu dari pembicara-pembicara yang menyampaikan sebuah materi yang sangat bermanfaat bagi kita semua. Semoga nantinya kegiatan-kegiatan seperti ini akan terus berlanjut dan tidak berhenti sampai disini.

 

Resya Mawaranti

Nim     : 1401154491

Manajemen Bisnis Telekominikasi dan Informatika

Fakultas Manajemen dan Bisnis

Telkom University

2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *